Rabu, 22 Juli 2009

Tugas penggalan 1-5

TUGAS PENGGALAN 1


Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-1
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya


SOAL:

1. Terangkan definisi kognisi menurut Matlin, disertai penjelasan yang dikaitkan dengan peristiwa proses pembelajaran di dalam kelas?
2. Terangkan definisi strategi kognitif menurut Gagne, disertai penjelasan yang dikaitkan dengan peristiwa ujian di dalam kelas?
3. Menurut Anda, bagaimana peranan fungsi kawasan kognisi terhadap proses pembelajaran? Jelaskan.
4. Uraikan kembali siklus peristiwa pembelajaran berdasarkan teori model memori Atkinson dan Shiffrin?
5. Jelaskan upaya yang dapat dilakukan guru, untuk mengurangi kehilangan informasi menurut teori model memori Atkinson dan Shiffrin?


TUGAS PENGGALAN 2


Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-2
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya


SOAL:

1. Mengapa persepsi bersifat subyektif, dan bagaimana peranannya terhadap kualitas pembelajaran di dalam kelas?
2. Terdapat 3 aspek dalam persepsi, yaitu; (1) alat pencatat indera, (2) sistem pengenalan pola, dan (3) perhatian. Jelaskan bahwa ketiga aspek tersebut membentuk suatu sistem yang menentukan kualitas persepsi?
3. Upaya apa yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran? Jelaskan.
4. Salah satu ciri khas pencatatan indera ialah informasi yang diterima belum bermakna, sehingga sulit diingat. Jelaskan maksud tersebut, dan bagaimana cara mengubah menjadi bermakna untuk dapat diingat oleh siswa dalam pembelajaran?
5. Jelaskan teori di bawah ini ke dalam peristiwa pembelajaran:
a. Template-matching theory?
b. Prototype theory?
c. Distinctive-feature theory?


TUGAS PENGGALAN 3


Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-3
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya


SOAL:

1. Jelaskan bahwa unsur perhatian terdiri dari (1) aktivitas mental, dan (2) stimuli / obyek?
2. Di dalam peristiwa pembelajaran, jenis perhatian mana yang paling menguntungkan siswa, dan kemukakan alasannya?
3. Teori inteligensi tunggal Binet dan Simon, sampai saat ini masih digunakan untuk mengukur inteligensi siswa oleh para psikolog atau tester psikologis. Menurut pendapat Anda, apa peranan inteligensi terhadap pembelajaran, jelaskan disertai contoh?
4. Menurut Binet, ciri orang cerdas mencakup; (1) cekatan dalam menetapkan tujuan, (2) cekatan dalam mencapai tujuan, dan (3) otokritik. Jelaskan hal tersebut disertai contoh dalam pembelajaran?
5. Jelaskan disertai contoh proses berpikir menurut Sumadi Suryabrata, yakni; (1) pembentukan pengertian, (2) pembentukan pendapat, dan (3) penarikan kesimpulan?



TUGAS PENGGALAN 4


Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-4
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya


SOAL:

1. Terangkan proses perkembangan kognitif menurut Piaget?
2. Jelaskan mekanisme asimilasi dan akomodasi dalam peristiwa belajar menurut Piaget?
3. Bandingkan perbedaan pendekatan normatif dengan pendekatan deskriptif dalam proses pengambilan keputusan? Mana yang lebih menguntungkan menurut Anda disertai alasannya.
4. Jelaskan prinsip value functions teori prospek menurut Daniel kehnemen dan Amos Tversky dalam proses pengambilan keputusan pada peristiwa ujian?
5. Menurut pendapat Anda prinsip mana dalam teori prospek menurut Daniel kehnemen dan Amos Tversky, yang lebih menguntungkan bila diterapkan pada peristiwa pemilihan pimpinan di suatu lembaga pendidikan? Jelaskan.



TUGAS PENGGALAN 5


Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-5
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya


SOAL:

1. Terangkan paradigma strategi kognitif menurut pemahaman Anda?
2. Strategi kognitif dapat dibelajarkan, jelaskan metode pembelajarannya?
3. Gunakan strategi chunking untuk mengembangkan materi pelajaran pada suatu atau beberapa pokok bahasan yang Anda kuasai? Hasilnya berupa produk materi pelajaran yang siap dibelajarkan kepada siswa tertentu (siswa pada satuan pendidikan yang sesuai dengan materi tersebut).
4. Mengapa strategi spatial dipandang lebih efisien bila dibandingkan dengan strategi yang lain (sebutkan strategi apa?) untuk mencatat materi perkuliahan? Jelaskan.
5. Gunakan strategi advance organizer pada suatu mata pelajaran yang Anda kuasai? Hasilnya berupa intisari (abstrak) materi mata pelajaran tertentu, tidak lebih dari dua lembar spasi tunggal.

Tidak ada komentar:

Kesurupan .......... Tulisan ini mencoba untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang proses terjadinya kesurupan massal yang menjadi fe...